Cara daftar SIM Online dan Manfaat SMART SIM - Informasi Teknologi dan Ilmu Pengetahuan
Cara daftar SIM Online dan Manfaat SMART SIM
Cara daftar SIM Online dan Manfaat SMART SIM
Baru-baru ini Kepolisian Republik Indonesia meluncurkan SIM Online. SIM Online yang terhubung di 34 Polda, 456 Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas), 378 SIM Keliling dan 55 Gerai SIM yang sudah terintegrasi oleh Dislantas Polri. Sim Online dikembangkan pada Tahun 2015, pada Tahun 2018 telah terhubung diseluruh Indonesia yang didukung oleh Bank BRI. 

Untuk pendaftaran SIM Online dapat diakses di website korlantas.polri.go.id adapun cara sebagai berikut :
  1. Pilih Pelayanan.
  2. SIM
  3. Pendaftaran SIM Online
  4. Isi Data Permohonan
  5. Setelah selesai melakukan Pembayaran Bank BRI dengan kode bayar melalui ATM, Mobile Banking, Internet Banking, Setoran Tunai Kantor BRI terdekat dengan waktu hanya 3 jam.
  6. Kode registrasi dikirim melalui SMS atau email.
  7. Bukti registrasi diserahkan ke Satpas terdekat
  8. Ikuti prosedur identifikasi dan verifikasi, ujian teori, dan ujian keterampilan mengemudi hingga ujian praktek mengemudi. 
SIM merupakan legitimasi, kompetensi pengemudi SIM sesuai golongan SIM yang dimilikinya. 

Setelah mendapatkan SIM sesuai prosedur diatas kini kartu SIM bentuknya berbeda seperti sebelumnya disebut SMART SIM. SMART SIM ini merupakan perpaduan dari data dukcapil. IRMS, database lainnya. SMART SIM ini dapat diakses melalui aplikasi android atau IOS. Aplikasi dapat didownload disini. Dengan memastikan nomor handphone yang aktif dan sama pada saat registrasi SIM ONLINE. 
Manfaat SMART SIM ini adalah
  1. Dapat melihat data forensik kepolisian berisi data demografi sesuai dengan NIK dari dukcapil, data input tambahan berupa nomor telepon pemilik, nomor telepon darurat, dan email, dan data rekam sidik jari.
  2. Traffic Attitude Record berisi tentang rekam jejak pelanggaran atau kecelakan pengguna SIM yang terintergrasi dengan sistem IRMS lantas Polri.
  3. Dapat digunakan sebagai uang elektronik untuk transaksi pembayaran Bank, Tol, Parkir dengan batas maksimal 2 jt rupiah, bayar denda tilang. Sesuai dengan rekomendasi Bank Indonesia masa uji coba tahap pertama oleh Bank BNI dan 
  4. memiliki fitur Augmented Reality (mendapatkan edukasi berlalu lintas dengan scan replied)
Adapun lebih lengkapnya dapat dilihat dari video dibawah ini


Sekian semoga bermanfaat 

0 Response to "Cara daftar SIM Online dan Manfaat SMART SIM "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel