Cara Mengubah PDF di Microsoft Office dengan Offline dan Online - Informasi Teknologi dan Ilmu Pengetahuan
Cara Mengubah PDF di Microsoft Office dengan Offline dan Online
Cara Mengubah PDF di Microsoft Office dengan Offline dan Online
Disini kita akan membahas bagaimana cara membuat dokumen dari Microsoft Office menjadi file PDF. Kita mulai dari yang Microsoft terlebih dahulu, Microsoft Office merupakan perangkat lunak aplikasi perkantoran yang dapat dijalankan di operation system Microsoft Windows dan Macintosh atau sekarang sudah dapat dijalankan oleh Smartphone yang berbasis Android dan IOS. Beberapa aplikasi Microsoft Office ini yang terkenal diantaranya Word, Excel, dan Power Point yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing seperti Word sebagai pengolahan kata, Excel sebagai lembar kerja, dan Power Point sebagai presentasi. 

Setiap aplikasi tersebut menghasilkan file yang masih dapat dilakukan pengeditan dalam setiap kali pembukaan file tersebut. Bagaimana untuk memantenkan dari hasil file itu agar tetap terjaga/original atau tidak dapat dilakukan pengeditan. Dengan cara merubah file dokumen office menjadi file yang ber ekstensi .PDF. PDF adalah Portable Dokument Format yang merupakan sebuah format berka yang di buat oleh Adobe Systems. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Berkas PDF dapat diberikan pembatasan DRM untuk membatasi aktivitas penggandaan, penyutingan, maupun pencetakan berkas. 

Adapun kelebihan dan kelemahan PDF sebagai berikut :

  1. Dapat digunakan di Microsoft Windows, Macintosh, Android dan IOS dengan software pembaca di operating system masing-masing.
  2. Dapat dilakukan penguncian oleh pembuat file sehingga bagi pembuka file baru tidak dapat mengetahui pengunci terkecuali diberitahukan.
  3. Dapat dilakukan pengeditan dengan software edit PDF namun tidak semua file dapat diedit dengan sempurna atau bagus.
  4. Software pembuka PDF sudah banyak di Microsoft Window, Macintosh, Android dan IOS jadi tidak perlu bingung untuk membukanya.
  5. Isi dari PDF tidak hanya text saja namun berupa gambar atau grafik dan lain-lain.
  6. Dalam percetakan file PDF sudah sesuai dengan hasil cetakan kertasnya berbeda dengan hasil file dari Word dan Excel sering sekali harus menyesuaikan setingan kertas dan kertasnya.
  7. Dapat melakukan penggandaan/copy teks walaupun disaat paste tidak selalu sempurna.

Membuat File PDF di Microsoft Word, Execl dan Power Point

Adapun cara membuat file atau berkas dari aplikasi Microsoft ini dengan berbagai cara sebagai berikut :

Langkah Pertama

Dengan cara Offline => cara ini dilakukan pada saat draf dokumen (belum tersimpan) belum dijadikan dokumen (tersimpan Word (.doc), Excel (xlx) dan Power Point (.ppt)) yang kemudian dijadikan PDF terlebih dahulu walaupun nantinya draf dokumen masih tetap dalam posisi aplikasi terbuka. Ada dua cara yaitu (1) menyimpan kedalam bentuk ekstensi PDF (.pdf ), caranya klik FILE -> Save -> Browse (letakan sesuai dengan keinginan -> rubah Save As Type dibawah File Name dengan PDF -> Save, (2) mencetak kedalam bentuk PDF, klik FILE -> Print ->  Print Status -> Microsoft Print to PDF -> Print. Kelemahan cara ini adalah hanya dapat dilakukan di operating system Windows, Macintosh, dan Ubuntu saja tidak bisa berjalan di smartphone Android dan IOS.                                                                                

Langkah Kedua

Dengan cara Online => cara ini dilakukan setelah menjadi file dokumen yang sudah tersimpan dengan cara Upload File ke site penyedia aplikasi converter Word/Excel/PowerPoint ke PDF. Adapun penyedia layanan site converter PDF adalah sejda, ilovepdf, smallpdf dan lain-lain. Kelemahan cara ini membutuhkan akses internet yang apabila tidak ada akses tidak berjalan dengan baik.

Sekian semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengubah PDF di Microsoft Office dengan Offline dan Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel