Pantau Kemacetan Jakarta Hari Ini Menggunakan CCTV Online - Informasi Teknologi dan Ilmu Pengetahuan
Pantau Kemacetan Jakarta Hari Ini Menggunakan CCTV Online
Pantau Kemacetan Jakarta Hari Ini Menggunakan CCTV Online
Kemudahan mengakses informasi baik dari media elektronik, internet, sosial media dan lain-lain tidak dapat dibatasi. Informasi begitu cepatnya apabila terjadi suatu kejadian yang berada disekitar kita atau wilayah lain sudah dapat beredar kemana-mana. Dukungan sosial media yang hampir setiap orang memiliki tidak dapat dibatasi dijaman sekarang ini. Kemudahan yang tidak memerlukan perantara media masa dengan hanya mempunyai smartphone saja hampir setiap orang dapat memberikan informasi yang menurutnya penting. 

Misalnya saja kemudahan untuk mengetahui kondisi lalu lintas atau apa yang terjadi disekitarnya dengan melalui internet baik dari smartphone maupun dekstop. Media smartphone dan dekstop ini lebih cepat dalam mendapat informasi daripada media elektronik seperti Televisi, Radio dan lain-lain. Kondisi lalu lintas dapat diakses melalui smartphone atau dekstop dengan memanfaatkan aplikasi seperti Google Maps, Waze, Lewatmana, Map.me, Navigation, Sygic GPS dan banyak lagi yang berbasis Maps. Semua aplikasi tersebut menyedia fitur kondisi jalan saat itu yang biasanya ditandai dengan warna merah apabila terjadi kemacetan. 

Aplikasi smartphone yang berbasis Maps ini punya kelemahan yaitu apa penyebab terjadinya arus lalu lintas yang krodit misalnya adanya demonstrasi masyarakat yang menghambat arus lalu lintas, yang sekarang ini lagi hangat-hangatnya demo mengenai RUU di DPR. Walaupun memiliki fitur traffic dalam kondisi macet warna merah dan warna hijau kondisi lancar. Untuk mendapatkan kondisi real apa yang sedang terjadi saat itu di jalan atau sekitarnya maka dapat memanfaatkan CCTV online.

CCTV yang berada di Jakarta sekarang sudah dapat diakses oleh semua orang, tapi ini hanya untuk lingkungan umum dan tempatnya juga ditempatkan untuk memantau kondisi tempat umum. Untuk CCTV yang sifatnya tertutup yang dimiliki oleh gedung-gedung baik swasta maupun goverment biasanya masih tertutup untuk umum walaupun dapat diakses mungkin berkoordinasi terlebih dahulu. 

Apa CCTV itu dan untuk apa?

CCTV singkatan dari Closed Circuit Television adalah sebuah kamera video digital yang difungsikan untuk memantau dan mengirimkan sinyal video pada suatu tempat terbuka maupun tertutup yang kemudian sinyal itu akan diteruskan ke sebuah layar monitor. Fungsi kamera CCTV adalah untuk memantau keadaan dalam suatu tempat, yang biasanya berkaitan dengan keamanan atau tindak kejahatan, jadi apabila terjadi hal-hal kriminal akan dapat terekam kamera yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan bukti. Biasanya kamera CCTV dipasang pada tempat-tempat umum seperti bank, bandara, hotel, tempat atm, persimpangan jalan dan lain-lain sesuai dengan kebutuhannya.

Smartcity.jakarta.go.id/maps/

Dimana dapat akses CCTV?

Dengan adanya android dan IOS banyak pengembang aplikasi yang berbasis keduanya dibuat sehingga memudahkan kita untuk mengaksesnya. Aplikasi tersebut memanfaatkan akses CCTV yang dibuka untuk umum dan aplikasi ini biasanya gratis untuk dapat menggunakannya. Contoh Aplikasi android yang menggunakan akses CCTV diantaranya sebagai berikut :
  • Indonesia CCTV - menggunakan CCTV Jasamarga Live, RTTMC, Hubdat dan Lewatmana
  • MRT CCTV Views - menggunakan CCTV MRT offline
  • CCTV Jakarta - menggunakan CCTV PT. BIT Teknologi Nusantara, Dishub DKI, IBS Tower, Bali Tower dan Transjakarta
  • NTMC TV - menggunakan CCTV Metro Area dan POLDA
  • Mata Jalan - Lengkap ada di kota besar di Indonesai menggunakan CCTV tergantung masing-masing kota.
  • RTTMC - menggunakan CCTV Kementerian Perhubungan
  • LewatMana - menggunakan CCTV miliknya sendiri.
Sedangkan akses CCTV melalui Dekstop dapat mengunjungi website sebagai berikut :
  • smartcity.jakarta.go.id/maps/ - menggunakan CCTV Bitek, Dinas Perhubungan, UP Parkir Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, IBS, Bali Tower, PD Pasar Jaya, Dinas Sumber Daya Air, Foof Station, Iforte, Transjakarta, Mitratel, Delta Art Star, Pengunjian Kendaraan Bermotor Cilincing/Pulogadung/Ujung Menteng, KPU.
  • lewatmana.com - menggunakan CCTV lewatmana.com
  • jasamargalive.com - menggunakan CCTV jasamarga
  • iforte.id - terhubung dengan smartcity.jakarta.go.id
  • rttmc.dephub.go.id - menggunakan CCTV Kementerian Perhubungan

Ini kemudahan yang dapat diakses untuk mengetahui situasi arus lalu lintas maupun kondisi sekitarnya.

0 Response to "Pantau Kemacetan Jakarta Hari Ini Menggunakan CCTV Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel