Solid State Drive (SSD) Terbaik Berdasarkan Pengujian - Informasi Teknologi dan Ilmu Pengetahuan
Solid State Drive (SSD) Terbaik Berdasarkan Pengujian

Solid State Drive (SSD) Terbaik Berdasarkan Pengujian

Solid State Drive (SSD) Terbaik Berdasarkan Pengujian

Fungsi SOlid State Drive atau SSD menjadi alternatif penyimpanan data paling dicari untuk komputer, laptop atau lainnya. Penyimpanan yang sebelumnya menggunakan Hard Disk Drive atau HDD seakan sudah ditinggalkan dikarenakan dari segi fitur kecepatan SSD 5X lebih cepat. Maka dari itu banyak bermunculan merk-merk SSD yang ada dipasaran baik secara penjualan online maupun offline. 

Sebagai konsumen yang ingin membeli SSD untuk penyimpanan data harus dapat memilih dengan tepat. Pemilihan SSD jangan berdasarkan dari segi harga sesama merk SSD saja namun juga dapat dilihat dari tingkat ketahanan/kestabilan dan garansi yang diberikan oleh pihak penjual. Adapun merk yang beredar dipasaran diantaranya merk Etopso, RX7, Eyota, Midasforce, Adata, Bulldozer BX350, Varro Evolution, Vgen, dan PNY serta lainnya.

Ada pengujian oleh techandtips di chanel youtubenya yang ingin mengetahui merk-merk SSD yang baik dan rekomendasi untuk konsumen. Dalam pengujian tersebut menggunakan metode pembuktian apakah angka Terabyte Written atau TBW bisa tercapai atau tidak. Oleh karena itu yang dijadikan fokus adalah angka WRITE bukan READ. Banyak ditemukan angka WRITE speed tidak selalu stabil, dan beberapa SSD bahkan ada yang bisa mencapai lebih dari 350 TBW. Waktu pengujian berkisar kurang dari 24 jam hingga lebih dari 15 hari nonstop untuk 1 unit SSD. Adapun software yang digunakan adalah Stress Test, SSDStresstest, Speed Test, CrystalDiskMark, CrystalDiskInfo, DH Sentinel, dan HWInfo. Untuk penilaian scoring tidak mutlak, akan ada kondisi tertentu selama pengujuan yang mengharuskan memberikan penilaian sendiri, tapi masih mengacu pada sistem penilaian diatas. 

Adapun hasi pengujian SSD oleh techandtips di chanel youtubenya.Dari data di atas untuk SSD yang memiiliki endurance score dan speed score paling tinggi adalah merk ADATA SU650. Sedangkan untuk endurance score dan speed score paling rendah adalah merk MidasForce. 

Perlu di ingat artikel ini tidak secara sengaja merekomendasikan merk tertentu namun hanya sebagai bahan pengetahuan. Jika ada yang ingin memilih merk tertentu dan hasil yang didapat tidak secara mutlak benar. Semua dikembalikan oleh pembaca lebih baiknya.

0 Response to "Solid State Drive (SSD) Terbaik Berdasarkan Pengujian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel