Appsheet Aplikasi Android Berbasis Data Spreadsheet/Excel Tanpa Koding - Informasi Teknologi dan Ilmu Pengetahuan
Appsheet Aplikasi Android Berbasis Data Spreadsheet/Excel Tanpa Koding

Appsheet Aplikasi Android Berbasis Data Spreadsheet/Excel Tanpa Koding

Appsheet Aplikasi Android Berbasis Data Spreadsheet/Excel Tanpa Koding
Jika anda ingin belajar membuat aplikasi yang tidak menggunakan koding atau pemasangan software lainnya maka disini akan dijelaskan cara membuat aplikasi android yang berbasis database. Database yang digunakan menggunakan aplikasi yang biasanya digunakan dalam bekerja ataupun anda mempunyai sebuah smartphone android biasanya sudah terinstal aplikasinya. Aplikasi itu bernama Spreadsheet yang merupakan aplikasi pengolahan penyajian data dari google.

Aplikasi android yang menggunakan database spreadsheet ini dinamakan AppSheet. Menurut laman Wikepedia AppSheet menyediakan platform pengembangan tanpa kode untuk perangkat lunak aplikasi, yang memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi seluler, tablet, dan web menggunakan sumber data seperti Google Drive, DropBox, Office 365, dan platform spreadsheet dan basis data berbasis cloud lainnya. Platform ini dapat digunakan untuk serangkaian kasus penggunaan bisnis yang luas termasuk manajemen proyek, manajemen hubungan pelanggan, inspeksi lapangan, dan pelaporan yang dipersonalisasi.

Langsung saja apa yang perlu disiapkan untuk memulai membuat aplikasi android ini, adalah sebagai berikut :
  1. Tabel Input Spreadsheet.
  2. Akun Google
  3. Browser Chrome
  4. Device Android
  5. Internet
Tahapan yang harus dilakukan untuk membuat aplikasi android dengan AppSheet ini sebagai berikut:
  1. Buka browser chrome apabila di komputer anda sudah ada jika belum menggunakan browser lainpun tidak apa. Login ke akun google drive apabila sudah pernah sign up jika belum sign up terlebih dahulu. Klik tambahkan spreadsheet baru setelah terbuka buatlah tabel yang sederhana saja misalkan membuat Tabel Rekapitulasi Daftar Hadir ada Nomor, Nama, Alamat, Nomor Telepon dan Keterangan.  
     
  2. Untuk menambahkan addon Appsheet klik pada menu bar spreadsheet disana ada pengaya klik saja. Klik appsheet dan launch nantinya akan ada pop up appsheet sebelah kan spreadsheet. Apabila di spreadsheet tidak ada menu pengaya maka lembar kerja yang dibuka oleh spreadsheet itu merupakan file yang telat dibuat melalui pembuat lembar kerja selain spreadsheet misalnya excel dan lainnya. seandanya sudah terlanjur terbuka maka save as aja ke dalam bentuk lembar kerja spreadsheet default. Dalam menu pengaya addon appsheet belum ada maka klik saja kelola addon dan ketikan appsheet pada searching menu pencarian addon dan instal. 
     
     
  3. Setelah terinstal addon appsheet maka klik go menu pop up appsheet. 
  4. Di new tab browser akan terbuka akan muncul tampilan dashboard appsheet yang sudah terkoneksi link dari spreadsheet. Lihatlah di sebelah kanan dashboard menu appsheet disana akan tampil menu simulasi android. Cobalah klik icon plus (+) dan isilah untuk mencoba simulasi ketika nanti akan dibuka di device android. Ketika inputan berhasil dan tidak ada menu yang error cobalah dilihat di lembar kerja spreadsheet apakah ada inputan yang masuk dan jika ada yang masuk link cloud drive dengan appsheet terkoneksi dengan baik.
     
  5. Setelah lembar kerja dan di dashboard appsheet sudah terkoneksi baik dan menunya sudan sesuai maka dalam dilanjutkan dengan menginstal aplikasi appsheet di android anda dan koneksikan dengan akun google yang sama dengan yang dibuat tadi. Dibawah ini adalah video yang sudah kami coba menggunakan emulator android. 
       

Sekian selamat mencoba dan jangan lupa komentar.

0 Response to "Appsheet Aplikasi Android Berbasis Data Spreadsheet/Excel Tanpa Koding"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel