Cara Memformat Data dan Perhitungan Data di Excel #2 Belajar Excel Untuk Pemula - Informasi Teknologi dan Ilmu Pengetahuan
Cara Memformat Data dan Perhitungan Data di Excel #2 Belajar Excel Untuk Pemula

Cara Memformat Data dan Perhitungan Data di Excel #2 Belajar Excel Untuk Pemula

Cara Memformat Data dan Perhitungan Data di Excel #2 Belajar Excel Untuk Pemula

Memformat Data Excel

Memformat data adalah mengatur tampilan data pada satu cell atau lebih ataupun gabungan cell agar terlihat rapi sesuai yang diinginkan penggunanya. Tampilan formating pada Microsoft Excel yang sering digunakan berada di Ribbon Tabs HOME dan Ribbon Bar Font, Alignment, dan Number. 
  • Ribbon Bar Font terdiri dari Style Font, Font Size (Increase Font Size dan Decrease Font Size), Bold, Italic, Underline, Border, Fill Color, dan Font Color
  • Ribbon Bar Alignment terdiri dari Top Align, Midle Align, Bottom Align, Align Left, Align Right, Center, Orientation, Decrease Indent, Increase indent, Wrap Text, dan Merge & Center. 
  • Ribbon Bar Number terdiri dari Number Format, Accounting Number Format, Persen Style, Comma Style, Increase Desimal, Decrease Desimal. Data dilihat pada gambar dibawah ini.                                                                 

Untuk lebih jelasnya kegunaan fungsi-fungsi dari Ribbon Bar Font, Aligment dan Number seperti pada video dibawah ini


Perhitungan Excel

Yang termasuk perhitungan aritmatika dasar di Excel adalah Tambah, Kurang, Bagi dan Kali. Simbol Keyboard pada perhitungan aritmarika dasar :
- Tambah di simbolkan (+) 
- Kurang disimbolkan (-) 
- Bagi disimbolkan (/) 
- Kali disimbolkan (*)
Bagaiman cara menggunakannya?
  • Masukan angka sebagai contoh data dalam lembar kerja seperti video dibawah.
  • Dalam mencari hasil harus di awalin dengan "sama dengan" (=), kemudian letakan cell pada nominal pertama dan masukan simbol jumlah (+), kurang (-), bagi (/), dan kali (*). kemudian letakan pada cell kedua dan enter.
  • Simbol awalan sama dengan (=) adalah memberitahu excel untuk mengevaluasi pada cell hasil yang mengikuti tanda sama dengan.
  • Cell pertama adalah alamat sel dari nomor pertama yang diberikan oleh B yang mewakili huruf kolom dan 1 yang mewakili nomor baris (B1)
  • Cell kedua adalah alamat sel dari nomor pertama yang diberikan oleh C yang mewakil ihuruf kolom dan 1 yang mewakili nomor baris (C1)
  • Hasilnya di (D1) yaitu "=B1+C1" enter, untuk yang perhitungan tambah. Untuk perhitungan yang lain disesuaikan seperti contoh dibawah ini.




0 Response to "Cara Memformat Data dan Perhitungan Data di Excel #2 Belajar Excel Untuk Pemula "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel