Aplikasi Perekam Layar Windows 10 Full Gratis - Informasi Teknologi dan Ilmu Pengetahuan
Aplikasi Perekam Layar Windows 10 Full Gratis

Aplikasi Perekam Layar Windows 10 Full Gratis

Aplikasi Perekam Layar Windows 10 Full Gratis
Pernahkan anda ingin melakukan perekaman dalam aktivitas dekstop atau laptop. Perekaman ini dilakukan untuk membuat video tutorial atau untuk mengabadikan aktivitas seperti menggunakan video call. Banyak aplikasi perekaman layar di windows seperti Bandicam dan banyak lainnya. Ada cara yang mudah dan gratis yang difasilitasi oleh Windows 10 baik untuk dekstop maupun laptop. Windows 10 memeberikan fitur perekaman layar secara fullsize secara gratis melalui Windows 10 Game Bar. Game Bar adalah program perangkat lunak yang disertakan dengan Windows 10 yang memungkinkan mengambil tangkapan layar dan merekam serta menyiarkan video game. Banyak pengguna bermain game melalui aplikasi ini yang biasanya disebut sebagai XBOX GAME DVR.

Nah dibawah ini menjelaskan bagaimana cara menggunakan fitur perekaman gratis di Windows 10 sebagai berikut :

Langkah Pertama

Dengan menekan tombol Windows dan G maka akan muncul tampilan perekaman sesuai tampilan default. 

Langkah Kedua

Setelah menekan tombol Windows dan G tidak akan berafungsi ketika pada layar desktop, oleh karena itu Windows + G ini dapat berfungsi selain pada posisi layar desktop. Nah bagaimana cara memunculkan tampilan perekaman default diatas apabila tidak berfungsi perlu mengaktifkan aplikasi ini terlebih dahulu dengan cara ketikan "Game Bar Setting" pada pencarian windows, apabila muncul daftar pencarian klik yang sesuai pencarian. Kemudian swape ke ON pada setting Game Bar dan ceklist Open Game Bar using this button on a controller. 

Langkah Ketiga

Setelah muncul tampilan perekamanan seperti point 1 diatas dapat dilanjutkan dengan menekan ikon mulai. Ada cara cepat untuk dapat langsung mulai perekaman dengan menekam Windows ditambahkan tombol alternatif (Alt) dan tekan tombol R maka akan muncul tampilan sedang merekam. 

Langkah Keempat

Ketika ingin menyetop perekaman cukup hanya mengeklik icon warna biru (hentikan perekaman) maka akan muncul notifikasi klip game direkam artinya perekaman telah disimpan. File yang terekam tersimpan pada Drive C folder Video > Capture.

Langkah Kelima

Untuk dapat mempermudah aktivitas perekaman layar default di Windows 10 ini, Game Bar memberikan jalan pintas untuk melakukan aktivitas perekaman atau yang dapat disebut Keyboard Shortcuts diantaraanya 
Fitur Game Bar ini hanya berada pada Windows 10, untuk Windows 8.1, 8, 7, Vista dan XP belum bisa menggunakannya. Fitur lengkap pada perekaman layar tidak terlalu lengkap dengan aplikasi perekaman layar lainnya.

Aplikasi ini juga dapat dilihat pada Microsoft Store Windows 10 sudah terpasang atau belum di sini ðŸ‘ˆ 

0 Response to "Aplikasi Perekam Layar Windows 10 Full Gratis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel