Cara Konversi USB FAT32 ke NTFS Data tidak hilang - Informasi Teknologi dan Ilmu Pengetahuan
Cara Konversi USB FAT32 ke NTFS Data tidak hilang

Cara Konversi USB FAT32 ke NTFS Data tidak hilang

Cara Konversi USB FAT32 ke NTFS Data tidak hilang

Bila anda mempunyai sebuah usb yang berformat bawaan FAT32 mungkin akan mengalami kendala dalam melakukan proses copy paste pada file yang besar. Hal ini dikarenakan format FAT32 ini tidak mendukung penangan file besar lebih dari 4 gigabyte. Apabila dilakukan proses copy paste file untuk dibawa 4 gigabyte mungkin membutuhkan waktu lama dan pasti membosankan. Untuk menangani hal tersebut maka perlu trik untuk dapat mengubah jenis format usb tanpa menghilangkan data yang ada.

Artikel ini menjelaskan bagaimana anda dapat melakukan transisi tanpa batas format usb FAT32 menjadi NTFS tanpa menghilangkan data yang ada. Kenapa perlu diubah menjadi sistem format NTFS karena format adanya stabilitas, keamanan dan waktu defragmentasi yang lebih rendah. Ada beberapa dari kita yang tidak mengubah sisterm file karena resikko kehilangan data penting atau karena kurangnya pengetahuan. 

Dengan cara menggunakan perintah Command Prompt microsoft dapat mengatasi ini dengan menjalankan perintah sederhana. Ada banyak pihak ketiga perangkat lunak lainya yang mendukung konversi ini juga tetapi perintah convert adalah salah satu cara termudah untuk melakukannya. Ikuti langkah-langkah konversi FAT32 ke NTFS sebagai berikut:

  1. Bila menggunakan window 10 maka klik pada icon search dan ketikan CMD jalankan sebagai Administrator.
  2. Apabila sudah muncul tampilan cmd maka ketikan chkdsk H:/f tekan enter. Huruf H ini merupakan nama drive atau letak drive apabila letak drivenya kebetulan bukan di drive H tapi misalkan E maka ubahlah huruf H diatas menjadi E.
  3. Setelah di enter maka ketikan Konversi H:/FS:NTFS kemudian enter.
  4. CMD ini akan berlangsung sesuai dengan isi dari besarnya usb dan akan tampil CMD akan menyatakan bahwa konversi berhasil.
  5. Untuk menverifikasi sudah berhasil maka klik kanan pada usb dan klik properti enter.
Dengan cara ini saya mengonversi sistem usb dari FAT32 menjadi NTFS dan semuanya bekerja dengan sempurna. Dan dengan metode seperti ini juga dapat mengembalikan konversi NTFS ke FAT32 tanpa menghilangkan data yang ada

0 Response to "Cara Konversi USB FAT32 ke NTFS Data tidak hilang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel